ilmuradiologi

Perkembangan yang sangat pesat dalam bidang IPTEK dan peningkatan kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima dalam bidang kedokteran maka ilmu penunjang radiodiagnostik akan menjadi sangat diperlukan seorang dokter dalam menjalankan profesinya dengan baik.

Profesionalisme dokter yang tinggi serta kemampuan bersaing dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam menghadapi era globalisasi tentunya perlu mendapatkan bekal ilmu pengetahuan yang luas dalam bidang radiologi khususnya radiodiagnostik. Kolegium Radiologi Indonesia mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan pendidikan dalam bidang radiologi.

Modul ini merupakan salah satu bentuk bantuan bimbingan dari Kolegium Radiologi Indonesia untuk persiapan bagi calon PPDS bidang Radiologi dalam menghadapi ujian tulis pada seleksi calon PPDS Radiologi. Modul ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dokter umum dalam mempelajari ilmu radiologi dasar dan menginterpretasikan temuan dasar radiologi dalam menunjang diagnostik pasien. Modul ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu prinsip dasar radiologi, kondisi emergensi yang sering terjadi dan gambaran radiologi pada kasus yang sering terjadi.

Metode penilaian yang digunakan dalam ujian seleksi calon PPDS Radiologi dapat berupa

  • SBA ( Single Best Answer)
  • EMQ (Extended Matching Question)
  • Short Essay

(Tergantung institusi pendidikan yang dituju) 

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

Dokter umum yang akan menjalani seleksi pendidikan dokter spesialis radiologi.

SASARAN PEMBELAJARAN (sesuai SKDI)

Prinsip dasar radiologi :

  • Mampu mengetahui dan memahami pengetahuan radiologi dasar.

Kondisi emergensi yang sering  terjadi

  • Mampu memahami dan menginterpretasi pemeriksaan radiologi dasar sesuai dengan kondisi emergensi.

Gambaran radiologi pada kasus yang sering terjadi :

  • Mampu memahami dan menginterpretasi kasus-kasus klinis yang sering terjadi yang memerlukan pemeriksaan radiologi
  • Mampu mengetahui dan menjelaskan radio patologi pada pemeriksaan radiologi dasar (konvensional).
  • Mampu mengetahui dan menjelaskan dasar-dasar pemeriksaan radiologi canggih, seperti USG, CT scan, MRI, Radiologi Intervensi, Radiologi Nuklir (hibrid).