ilmupdalam

Ilmu Penyakit Dalam merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari diagnosa dan terapi penyakit non-bedah pada remaja, dewasa dan lanjut usia. Ilmu Penyakit Dalam terus berkembang dan kini setidaknya telah menjadi beberapa subcabang ilmu kedokteran yang mencakup 11 (sebelas) cabang peminatan yaitu Alergi Imunologi Klinik, Endokrinologi Metabolik dan Diabetes, Gastroenterehapatologi, Geriatri, Ginjal Hipertensi, Hematologi Onkologi Medik, Kardiovaskular, Pulmonologi, Penyakit Tropik Infeksi, Psikomatik dan Reumatologi.

Saat ini Indonesia membutuhkan banyak Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang mampu melakukan layanan kesehatan yang holistik, komprehensif dan terintegrasi, baik di tingkat layanan sekunder maupun tersier. Untuk memenuhi kebutuhan itu, seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam harus mampu mengikuti perkembangan IPD yang terus berkembang. Materi pembekalan ini dibuat untuk memberikan gambaran pada calon peserta Program PPDS-PD mengenai pengetahuan minimal yang dibutuhkan sehingga dapat meningkatkan kesiapan untuk mengikuti seleksi masuk Program PPDS-PD diberbagai IP Program PPDS-PD.

Materi ini bukanlah jaminan untuk lulus karena kelulusan ditentukan oleh seleksi administrasi, seleksi akademik, wawancara dan psikotes serta tes lainnya sesuai aturan yang berlaku di masing-masing IP Program PPDS-PD.

Tidak semua penyakit di bidang ilmu penyakit dalam ditampilkan dalam materi pembekalan ini. Untuk memahami dan mengetahui ilmu penyakit dalam maka peserta dapat membacadaftar bacaan yang direkomendasikan. Saat ini di indonesia telah ada buku ajar yang dibuat oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) yang dijadikan referensi. Kiranya para calon peserta dapat menjadikan buku tersebut sebagai acuan selain buku teks Harrison's Principles of Internal Medicine yang selama ini menjadi referensi internasional.

Penyusun:

  1. Prof.Dr.dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger, MEpid
  2. dr. Irsan Hasan, SpPD, K-GEH
  3. dr. Erni Juwita Nelwan, SpPD, K-PTI
  4. dr. Arif Mansjoer, SpPD, KIC