ilmukesanak

  1. Latar belakang pengembangan modul.
    Insiatif KemenKes RI untuk meningkatkan karir dokter umum yang telah mengabdikan dirinya di daerah-daerah, khususnya di Indonesia Bagian Timur, maka sudah sepatutnya perkumpulan profesi dokter di Indonesia menyambut baik inisiatif tersebut. Keberhasilan upaya tersebut selain bermanfaat bagi pribadi dokter tersebut, tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat karena diharapkan setelah lulus akan kembali ke daerah masing-masing untuk berkarya. Tentunya dengan kekayaan pengalaman mengabdi di daerah akan menambah kekayaan ilmu kesehatan anak Indonesia itu sendiri.
    Dalam bidang ilmu kesehatan anak, ketrampilan kognitif lebih dominan dari ketrampilan psikomotorik, sehingga perlu digunakan suatu metode pendidikan kedokteran yang mampu merangsang dan meningkatkan ketrampilan kognitif dan meta-kognitif agar terbentuk kompetensi untuk belajar mandiri dan belajar sepanjang hayat.
  2.  Manfaat mengikuti modul.
    Materi ilmu kesehatan anak begitu luas, namun apa yang akan didapat oleh para sejawat dari modul ini adalah proses pemantapan modal dasar keilmuan, agar dalam mengikuti pendidikan program dokter spesiallis anak nanti tidak akan menemui kesulitan yang substansial.
    Selama mengikuti modul Kolegium IDAI ini, para peserta diharapkan untuk selalu melakukan refleksi diri mengenai keminatan dan kemampuan untuk mewujudkan cita-cita menjadi seorang dokter anak.
    Diharapkan pada akhir mengikuti modul, sejawat akan merasa siap dan mantap baik dari segi keilmuan maupun dari segi minat.
  3.  Pernyataan bahwa "mengikuti materi ini bukan jaminan untuk lulus"
    Dengan memperhatikan persyaratan untuk ikut seleksi PPDS Ilmu Kesehatan Anak seperti yang telah diuraikan di atas, maka para sejawat yang mengikuti rangkaian modul ini menyadari bahwa kemampuan kognitif bukan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan diterima atau tidaknya menjadi PPDS Ilmu Kesehatan Anak.

Tujuan modul

  1. Tujuan umum
    Meningkatkan kemungkinan keberhasilan untuk diterima sebagai PPDS Anak.
  2. Tujuan khusus
    Meningkatkan kemampuan kognitif dan meta-kognitif dalam menyelesaikan masalah illmu kesehatan anak yang mendasar sesuai dengan kompetensi SKDI 2012.
    1. Memantapkan kemampuan belajar mandiri dan belajar sepanjang hayat.
    2. Memantapkan minat untuk menjadi dokter spesialis anak.

Isi Modul

Modul Kolegium Imu Kesehatan Anak (KIKA) menggunakan Pilihan Ganda (Multiple Choice Question=MCQ), merupakan metode yang praktis, efeketif dan efisien untuk dapat mengetahui keberhasian pencapaian learning outcomes. Dengan menggunakan MCQ maka assessment berbagai tingkat kompetensi (dari basic recall hingga aplikasi, analisis maupun evaluasi) seseorang dapat diuji. Selain itu MCQ sudah terbukti reliabel dalam menguji kemampuan kognitif seseorang karena adanya berbagai pilihan, konsistensi jawaban yang terjamin serta valid karena luasnya materi yang dapat diuji.

Modul KIKA terdiri dari 8 (delapan) kumpulan soal dan dianjurkan setiap orang akan mulai dari modul 1 (pertama) dan selanjutnya secara berurutan hingga modul 8. Masing-masing kumpulan soal terdiri dari 24 pertanyaan untuk setiap 1 jam sesi e-learning. Nilai batas lulus (NBL) dari setiap kumpulan soal adalah 70 (atau 15 soal). Apabila batas waktu anda sudah habis, maka soal akan berhenti secara otomatis. Anda tetap dianggap lulus apabila NBL telah melewati 70 walaupun waktu sudah habis. Apabila belum lulus, maka anda dapat mengulang soal dari awal berkali-kali hingga lulus.

Pada modul tidak akan diberikan jawaban yang benar. Dengan cara ini diharapkan keyakinan akan kebenaran jawaban anda diuji dan dilatih karena anda menjawab tidak dengan tebakan.

Materi kumpulan soal berasal dari seluruh institusi pendidikan dokter spesialis anak yang ada di Indonesia dan meliputi seluruh bidang keilmuan yang terdapat pada institusi masing-asing dengan mendasarkan pada SKDI 2012.

Penyusun:

  1. dr. Bambang Tridjaja SpA(K) MM(Paed)
  2. Dr. dr. Partini P Trihono SpA(K) MM(Paed)
  3. Dr. dr. Sukman Tulus Putra SpA(K) FACC, FESC
  4. dr. Anggraini Alam SpA(K