ilmu-bedah


Pengantar Ilmu Bedah

Materi pembekalan calon PPDS I ini adalah panduan belajar bagi para calon peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis I Ilmu Bedah (PPDSI Ilmu Bedah) yang akan menjalani proses seleksi di PPDS I Ilmu Bedah di berbagai universitas di Indonesia. Materi pembekalan ini diselenggarakan dengan maksud untuk memberikan silabus materi yang akan menjadi bahan tes seleksi akademik kepada para calon peserta didik. Dengan demikian, diharapkan modul-modul yang terdapat di dalam pembekalan ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan para calon peserta untuk berhasil lulus tes seleksi tersebut.

Kriteria calon peserta PPDSI yang dapat memenuhi persyaratan peserta program pendidikan tersebut adalah meliputi aspek kemampuan intelegensia, motivasi dan pola belajar, ketrampilan komunikasi dan hubungan interpersonal, dan integritas kepribadian. Keseluruhan aspek tersebut akan menjadi kriteria penerimaan para calon peserta yang ditetapkan dalam bentuk syarat seleksi administratif dan akademik. Aspek intelegensia adalah aspek yang terpenting yang harus dimiliki oleh seorang calon peserta didik sehingga memiliki bekal kompetensi yang cukup untuk menjalani PPDS I Ilmu Bedah. Materi pembekalan ini memberikan gambaran selayang pandang tentang inti sari ilmu pengetahuan dan ketrampilan dasar dokter spesialis bedah. Inti sari ilmu pengetahuan dan ketrampilan tersebut pada hakikatnya adalah berasal dari Standar Kompetensi Dokter Umum Indonesia tahun 2012.

Di dalam aspek intelegensia terdapat berbagai area kompetensi dasar akademik yang menjadi prasyarat di dalam proses PPDSI Bedah yaitu aspek kognitif ilmu dasar bedah dan penyakit bedah, ketrampilan klinik dasar bedah, dan sikap prilaku profesional yang menjadi standar kompetensi dokter umum Indonesia. Area kompetensi yang menjadi bagian utama PPDSI Bedah adalah meliputi penyakit dan kelainan bedah gawat darurat. Materi pembekalan ini diharapkan dapat memberikan panduan tentang berbagai aspek ilmu pengetahuan dan ketrampilan klinik dasar bedah yang diperlukan oleh calon peserta PPDS I Ilmu Bedah untuk dapat memenuhi persyaratan PPDS I Ilmu Bedah. Oleh karena itu, materi pembekalan ini akan mencakup terutama berbagai area kompetensi standar akademik tersebut. Keberhasilan lulus tes seleksi bagi calon peserta tidak hanya ditentukan oleh materi pembekalan ini saja, namun juga oleh pemahaman dan penguasaan materi lainnya yang tertuang di dalam silabus. Dengan demikian, materi pembekalan ini tidak menjamin bahwa seorang calon peserta akan pasti diterima oleh PPDS I Ilmu Bedah di berbagai Universitas.

Tujuan Modul Pembelajaran

  1. Tujuan umum:
    Materi pembekalan ini bertujuan agar calon peserta PPDS I Ilmu Bedah dapat menjelaskan ilmu dasar dan berbagai penyakit dan kelainan bedah, serta ketrampilan klinik dasar bedah sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Umum Indonesia tahun 2012.
  2. Tujuan Khusus:
    Para peserta yang mengikuti Materi Pembekalan ini akan mampu:
    1. Menjelaskan ilmu dasar bedah yang meliputi anatomi bedah, patofisiologi dan patologi penyakit dan kelainan bedah.
    2. Menjelaskan prosedur ketrampilan bedah dasar .
    3. Menjelaskan komunikasi dokter-pasien yang didasari oleh praktek bedah yang baik.

Penyusun:

  1. Dr. Kiki Lukman, dr, M(Med)Sc., SpB-KBD, FCSI
  2. Prof. Dr. Aryono D. Pusponegoro, dr, SpB-KBD, FCSI
  3. Djonni Darmadjaja, dr., SpB, MARS, FCSI.
  4. Agi Satria Putranto, dr., SpB-KBD, FCSI