SAMBUTAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
PADA
LAUNCHING E-LEARNING MATERI BIMBINGAN BELAJAR BAGI CALON PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER & DOKTER GIGI SPESIALIS BERBASIS WEBSITE

Kalimantan Utara, 25 Agustus 2014

Assalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh,
Salam Damai dan Sejahtera Bagi Kita Semua,
Para Pengunjung Website Kementerian Kesehatan

Saudara-saudara,
Penghargaan dan terimakasih yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada segenap petugas kesehatan di seluruh Indonesia atas pengabdian Saudara-saudara kepada bangsa, negara dan kemanusiaan. Selama saya menjadi Menteri Kesehatan, saya melihat semangat saudara-saudara, berbagai inovasi dan terobosan yang telah  saudara laksanakan demi peningkatan kesehatan rakyat Indonesia.

Secara khusus saya sampaikan apresiasi yang mendalam kepada para sejawat yang dengan tekun, ikhlas dan penuh dedikasi memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat di berbagai pelosok tanah air utamanya di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan.

Saat ini komitmen kita adalah pelayanan kesehatan yang bermutu dan merata di seluruh pelosok tanah air termasuk daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan. Peralatan di puskesmas dan rumah sakit juga sudah mulai dilengkapi. Kemenkes sejak tahun 2008 telah menyediakan anggaran untuk memberikan bantuan pendidikan dokter/ dokter gigi untuk menjadi spesialis. Ternyata cukup banyak dokter dan dokter gigi khususnya yang telah beberapa tahun mengabdi di daerah terpencil, tidak lulus seleksi akademik Program Pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis (PPDS/PPDGS). Karena itu kita menyusun program  e-learning ini untuk meningkatkan peluang mereka menjadi dokter/dokter gigi spesialis, agar bisa secara mandiri meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya dengan harapan dapat lulus dalam seleksi akademik PPDS/PPDGS.

Untuk saat ini di era digital teknologi informasi dan komunikasi ilmu kedokteran sudah sangat maju, untuk meningkatkan dan memelihara kompetensi, pengetahuan dan keterampilan yang dapat dimanfaatkan sebagai dokter dan dokter gigi. Dengan telah disusunnya materi e-learning bagi program studi 4 dasar (Bedah, Penyakit Dalam, Kesehatan Anak, Obstetri Ginekologi) dan 4 penunjang (Anestesi, Patologi Klinik, Radiologi, Kedokteran Fisik & Rehabilitasi Medik) serta Bedah Mulut dan Penyakit Mulut akan bermanfaat sebagai media berbagi informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir serta sarana belajar bagi para calon peserta pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis.

Program ini diharapkan mudah diakses oleh saudara-saudara dan menjadi sarana pembekalan bagi Calon Peserta Program Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi Spesialis terutama yang bekerja di tempat-tempat yang sulit mendapatkan bahan pembelajaran, agar dapat mengikuti seleksi akademik di Fakultas Kedokteran yang  akan  dituju.  Materi e-learning ini berisi  teori  pengantar,  dasar  keilmuan terkait, deskripsi materi dan beberapa contoh soal sebagai gambaran dalam seleksi akademik bagi Calon Peserta Program Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi Spesialis.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada 10 Kolegium yang telah bekerja sama dalam penyusun materi e-learning ini  Kolegium 4 spesialis dasar yaitu : Bedah, Penyakit Dalam, Kesehatan Anak, Obstetri Ginekologi, serta program studi 4 (empat) spesialis penunjang: Anestesi, Patologi Klinik, Radiologi, Kedokteran Fisik & Rehabilitasi Medik; serta Kolegium Bedah Mulut dan Penyakit Mulut yang telah selesai menyusun materi belajar e-learning dan sudah diupload ke dalam website ini.

Semoga program materi belajar e-learning ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Selamat belajar dengan menggunakan e-learning, saya berharap para sejawat sukses dalam mempersiapkan dan meningkatkan keilmuannya unutk menjadi spesialis. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberkati usaha kita bersama.

Terima Kasih,
Wassalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh,

MENTERI KESEHATAN RI

dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH